Melacak Jalur Alternatif Pada Ponsel

Saturday, August 7, 2010


Sangat mengerikan sekali jika kita membicarakan masalah jalur-jalur pada perangkat ponsel. Seolah-olah kita sedang berada di medan pertempuran. Namun saat ini, kita bukan bertempur dengan penjajah melainkan dengan perangkat ponsel yang sedang diperbaiki. Pada perangkat ponsel itu, sangat banyak jalur-jalur yang masuknya di mana keluarnya di mana. Sebab, hampir semua perangkat elektronik memiliki jalur-jalur yang tak bisa kita lihat oleh mata.

Khususnya pada perangkat ponsel saat ini terdapat dua jalur yang kelihatan oleh mata dan lima jalur yang tak terlihat oleh mata. Mengapa tak terlihat? Karena, memang, jalur itu berada di tengah-tengah board atau papan PCB ponsel. Dan, tak mungkin jika semua jalur harus berada pada bagian luar PCB. Sebaiknya kita tak perlu berkecil hati dengan kondisi ini, karena memang di Tabloid ponsel bersama Wahana Ponsel akan membahas masalah-masalah ini. Yang kelihatannya tak mungkin, akan kami buat mungkin.

Beberapa Tips dan Trik’s, serta teknik dalam melakukan analisa dan perbaikan pada kerusakan-kerusakan ponsel pada umumnya dan pada bagian jalur yang sangat sulit, bahkan yang tak terlihat oleh mata karena posisinya yang berada pada sisi dalam board PCB.
Trik’s Analisa & Perbaikan Jalur LCD
Kerusakan LCD paling sering ditemui. Hampir di setiap tempat service ponsel pernah menerima atau memperbaiki ponsel yang mengalami kerusakan pada bagian LCD, bermacam-macam kerusakan LCD, seperti : blank, buram, bergaris, tak ada cahaya atau benar-benar tak berfungsi sama sekali. Bagaikan ponsel yang terlahir dalam kondisi buta total.
Langkah-langkah pemeriksaan :
1. Periksa LCD pada perangkat ponsel lain
2. Periksa tegangan pada konektor LCD
3. Periksa Jalur dari konektor LCD ke bagian power dan data
4. Periksa Software (Up-Grade atau Downgrade)
Macam-macam Trik’s Alternatif Jalur LCD

Pada jalur LCD ponsel, memang sangat sulit untuk melakukan perbaikan dengan cepat walaupun kita telah memiliki buku skema jalur yang paling komplet sekalipun. Pasalnya, semua jalur LCD yang ada pada buku skema jalur, akan mengarah pada CPU dan Power. Di sini kami akan membantu memberikan jalur alternatif yang mungkin dapat banyak membantu dalam memperbaiki kerusakan pada bagian LCD dengan jalur alternatif.
Jalur LCD Nokia 3310-3315
Pada jalur LCD ponsel Nokia 3310 ini, kita juga harus memeriksa rubber atau konektor yang terbuat dari bahan karet untuk memastikan kerusakan yang terjadi, apakah hanya karena karetnya yang sudah rusak atau memang ada jalur yang putus.
Jika kerusakan LCD karena permasalahan pada tegangan, maka coba periksa condensator yang terdapat pada bagian atas dekat IC PA. Jika pada condensator terdapat tegangan, namun pada konektor LCD tak ada tegangan, maka lakukan jumper seperti pada gambar di bawah ini :
Jalur LCD Nokia 3100-3120

Ponsel Nokia 3100 dan 3120 memang tak jarang mengalami putus jalur yang akhirnya mengakibatkan LCD ponsel tak ada gambar ataupun cahaya penerangan. Kerusakan semacam ini sangat banyak penyebabnya, seperti terkena air, kelebihan tegangan atau karena kecerobohan kita dalam melakukan perbaikan, yang pada awalnya kerusakan LCD hanya karena kendur akhirnya menjadi rusak sungguhan.
Kali ini kami akan memberikan teknik jumper LCD Nokia 3100 dan 3120 yang tadinya sudah gagal total akan menjadi normal. Teknik jumper yang akan kami terapkan adalah jumper alternatif, hanya dengan cara yang sangat mudah ini kita dapat melakukan perbaikan tanpa harus mengangkat IC.
Jalur LCD Nokia 3220
Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada LCD, di antaranya ada yang sama sekali tak ada tampilan apa pun atau hanya gelap. Bahkan, sama sekali tak ada tanda-tanda kehidupan pada LCD. Jika terjadi kerusakan karena putus jalur, ada baiknya Anda cek dengan multitester setiap kaki IC yang mengarah pada titik tes point sebelum nantinya memeriksa lebih jauh jalur komponen.
Seandainya dari setiap jalur tes point bagus, maka periksa jalur LCD yang mengarah pada komponen yang berhubungan langsung dengan konektor LCD. Biasanya, kerusakan itu disebabkan karena ada hubungan singkat antarkomponen. Jika memang jalurnya yang putus, maka ikuti langkah seperti gambar di bawah ini. Atau, jika komponennya yang mengalami kerusakan maka ganti komponen dengan yang bagus dan bisa juga mengambil dari komponen yang ada pada mesin ponsel lain yang tak terpakai.
Jika kerusakan LCD hanya karena tak ada cahaya atau penerangan, maka periksa jalur tegangan yang mengarah pada konektor LCD dari komponen-komponen kecil sebelum IC Power. Kerusakan seperti ini bisa karena terkena air, atau lembab. Untuk tahapan perbaikan dengan melakukan pemeriksaan jalur dan jika jalur ternyata bagus, eriksa komponen-komponen kecil tersebut. Dan, sebaiknya, sebelum acara ganti mengganti komponen, ada baiknya Anda ikuti teknik jumper.

Jalur LCD Nokia 5210
 
Berbicara ponsel Nokia 5210 memang kurang asyik. Tapi, harus diakui banyak teknisi yang kurang memahami jalur LCD Nokia 5210 jika sampai ngerayap di tengah-tengah lapisan PCB. Sebaiknya, jika Anda masih memiliki Nokia 5210 yang mengalami kerusakan pada jalur LCD, teknik kali ini akan sangat membantu. Anda hanya tinggal ikuti tuntunan jalur yang kami berikan seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini :
 
Jalur LCD Nokia 6230
 
Jika kita memiliki permasalahan pada LCD Nokia 6230 yang tak ada cahayanya atau lampunya mati, tentu, sangat menyulitkan.Kerusakan yang demikian sering disebabkan karena ada jalur tegangan LCD atau komponen penghubung antara LCD dengan IC Power mengalami kerusakan, sedangkan cara memperbaiki kerusakan itu ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan, atau Anda dapat melihat teknik jumper seperti yang ada pada gambar di bawah ini :
 
Jalur LCD Nokia 1600
Kerusakan Jalur LCD pada Nokia 1600 memang agak rumit karena tak terlihat mata lantaran melewati jalur dalam pada PCB ponsel. Namun demikian, hal itu jangan pernah membuat kita putus asa. Jika menerima kasus yang semacam ini, ikuti jalur yang terdapat pada gambar di bawah ini :
 
 
Jalur LCD Sony Ericsson T230
Ponsel Sony Ericsson T230 sering mengalami kerusakan pada bagian LCD, khususnya untuk pencahayaan. Hal ini tak semata terjadi kerusakan LCD. Kerap justru terjadi karena tegangan yang mengarah pada pencahayaannya yang bermasalah. Masalah ini bisa akibat jalur tegangannya putus. Penyebab kerusakan ini juga bisa lantaran usia ponsel yang sudah uzur, mengalami benturan atau terkena cairan. Jika dipastikan jalur itu yang rusak, maka Anda dapat melihat teknik yang telah kami berikan di bawah ini:
 
Jalur LCD Sony Ericcson Z200
 
Kerusakan LCD, menjadi yang gelap, pada ponsel Sony Ericsson Z200 banyak disebabkan karena tegangan yang kurang stabil atau sama sekali tak ada tegangan yang sampai pada konektor LCD. Walaupun kita mengganti dengan LCD yang baru, hasilnya pasti akan tetap sama. Hal seperti ini dapat kita perbaiki dengan cara menghubungkannya dengan kawat jumper 0,1–0,3 mm dari konektor LCD pada komponen kecil yang memang jalur tegangan untuk pencahayaan LCD.
 

1 comments:

Anonymous said...

lumayan ini buat belajar sebelum reparasi hp.
solder uap

Post a Comment

Subscribe

 
 
 

Konten Unggulan

Friends

Popular Posts