Cara Memperbaiki Ponsel Sony Ericsson

Saturday, August 7, 2010


MEREK ponsel yang beredar di Indonesia kini cukup banyak. Tiap-tiap merek punya ciri khas tersendiri sehingga permasalahan dan kerusakan juga selalu berbeda. Untuk edisi ini, Wahana Ponsel akan memberikan tips seputar problem yang biasa terjadi pada ponsel keluaran Sony Ericsson. Pada ponsel Sony Ericsson, kerusakan paling sering terjadi pada perangkat joystick. Akibatnya, ponsel susah dioperasikan.

Joystick dan Keypad Sony Eicsson J300 dan J200
Coba Anda perhatikan gambar joystick pada ponsel J300 di bawah ini. Joysticknya harus melewati IC terlebih dahulu yang nantinya baru akan diproses oleh CPU. Jika Anda menemukan kasus seperti ini dan mendapati IC yang mengatur atau mengontrol joystick pecah, mungkin kerena terjatuh atau karena kesalahan yang Anda perbuat, jangan panik. Karena, resep mengatasi keruskan joystick akan kami beberkan. IC kontrol pada joystick memang sebaiknya Anda cabut saja dan ikuti cara jumper seperti yang ada pada gambar. Tapi, jika joysticknya yang rusak, Anda harus menggantinya terlebih dahulu.

Joystick dan Keypad Sony Ericsson K300 dan K510i
Pada dasarnya jalur keypad dan joystick pada Sony Ericsson K300 dan K510i sama dengan tipe joystick lainnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan teknik jumpernya. Jika Anda memahami satu teknik jumper keypad dan joystick pada ponsel Sony Ericsson, Anda tak akan mengalami kesulitan, sebab pada dasarnya prinsip kerjanya sama.

Kerusakan LCD pada Sony Ericsson J200
Kerusakan pada layar LCD akan mengakibatkan ’kebutaan’. Tapi, yang buta hanya ponselnya, bukan pemiliknya. Jika LCD rusak akan mengakibatkan ketidaknyamanan ketika menggunakannya. Jika kita ingin mengganti LCD-nya dengan membeli baru mungkin sangat mudah. Tapi, jika kerusakan LCD hanya lantaran ada beberapa jalur yang putus, apa Anda harus beli ponsel baru? Sayang sekali jika ponsel masih normal dan yang rusak hanya LCD-nya.

Di sini akan dikupas mengenai teknik jumper atau istilah gampangnya menyambung jalur yang putus. Setelah Anda periksa jalur dari setiap kaki konektor LCD dan ternyata memang ada yang putus, ada baiknya Anda jumper.

Kerusakan Microphone Sonyericson J300i
Ketika microphone rusak, berarti ponsel Anda mengalami ’kebisuan’. Anda dapat melakukan tahapan pemeriksaan dengan memastikan kondisi microphonenya terlebih dahulu. Jika microphone bagus, coba Anda ikuti langkah berikut ini:
1. Cabut komponen yang telah kami tandai.
2. Jumper jalur pada kaki IC kontrol Mic dan jalur kondesator.

Kerusakan Charger Sony Ericsson K300 dan K750
Kerusakan pada bagian charger bisa berakibat fatal. Karena, jika sedang berkomunikasi dengan rekan bisnis dan baterai tiba-tiba habis bisa repot. Untuk memperbaikinya, Anda bisa melihat gambar di bawah ini dengan teliti. Sebab, dalam kasus ini ada komponen kontrol charger yang harus dicabut, kemudian pada kaki IC kontrol tersebut kita jumper.

Kerusakan Charger Sony Ericsson P800, Z800, dan S700
Kerusakan pada bagian charger di ponsel Sony Ericsson P800, Z800, dan S700 paling sering terjadi. Pada prinsipnya semua ponsel sama. Namun, ada sedikit perbedaan dalam teknik penjumperan di mana pada setiap ponsel memiliki IC kontrol charger yang berbeda.

Pada seri Sony Ericsson S700 dan Z800, paling sering terjadi karena IC kontrol mengalami kerusakan. Namun, bisa diabaikan dengan cara menjumper atau meloncati dari IC kontrol tersebut, istilahnya dilangsungin.

Kerusakan MMC Not Detect pada Sony Ericsson K750 dan W800
Kerusakan pada MMC bisa menyebabkan ponsel tak dapat menjalankan aplikasi karena data-datanya tersimpan di dalam MMC atau memory card. Ada alternatif untuk memperbaiki kerusakan MMC Not detect. Tapi, bukan karena MMC Card-nya yang mengalami kerusakan, melainkan Sochet MMC atau jalurnya yang rusak. Dalam kasus ini, Anda dapat ikuti diagram di bawah ini dengan mencabut IC Kontrol MMC Card dan ada yang Anda Jumper dengan menggunakan Diode.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe

 
 
 

Konten Unggulan

Friends

Popular Posts