Mengatasi Masalah Sinyal, Bagaimana Caranya……?

Saturday, May 8, 2010



Masalah Sinyal
merupakan masalah yang gampang-gampang susah bagi semua teknisi ponsel. Signal kebanyakan identik dengan PA (IC PA), walau sebenarnya tidak benar seratus persen. Masalah signal mempunyai banyak keterkaitan antara satu komponen ( IC dan pendukungnya) dengan komponen yang lain. Untuk bisa menyelesaikan masalah signal
Pertama, teknisi harus mempunyai pengetahuan tentang fungsi tiap komponen.
Kedua, teknisi harus mempunyai alat test dan alat untuk perbaikannya.
Ketiga, teknisi harus mempunyai kemampuan lebih atau ilmu plus, maksudnya teknisi harus mampu dan mau memecahkan masalah sinyal dengan tehnik yang berbeda dari yang pernah ia pelajari.
dibutuhkan beberapa syarat mutlak bagi setiap teknisi ponsel, yaitu :

Sebelum beranjak lebih jauh, perlu kita ketahui beberapa IC yang berpengaruh terhadap masalah sinyal , yaitu :
Antena Switch, RF, crystal 26 MHz, IC Power, IC CPU, IC Flash, dan IC PA…. Nah Loh, banyak benar kan???. Memang, begitulah kenyataannya dan begitu pula ilmunya. Diantara sekian IC bisa dipastikan (70% PA nya yang rusak 25 % untuk IC RF, Jalur dan komponen Pendukung maupun penghubung antara IC PA dan IC RF) apabila setelah disearching manual dapat semua operator tapi begitu dipilih No Acces..

Persiapan awal perbaikan masalah sinyal :

  1. Lakukan reset atau kembali pada pengaturan awal, yang dapat anda lakukan melalui menu lalu phone setting, setelah itu masukkan 12345.
  2. Lakukan panggilan 112 only atau jaringan manual, bila bisa maka IC RF dalam keadaan masih baik.
  3. Lakukan update pada software ponsel anda. Bisa juga melakukan downgrade bila dirasa perlu dan memang versi yang sebelumnya terlalu tinggi. Kemudian masukkan File PM yang benar-benar OK…. maksudnya sudah pernah dipakai alias tested.
  4. Lakukan pengujian tegangan pada komponen seperti IC PA, IC RF, IC AUDIO, apakah sudah mendapat tegangan yang benar.
    Bila langkah awal atau persiapan sudah kita lakukan tetapi ponsel masih bermasalah maka dapat dilakukan penggantian komponen sesuai kerusakan yang dialami oleh ponsel tersebut.

Ada bebarapa macam masalah signal, diantaranya :

  1. Signal lemah, penggantian pada IC PA, karena komponen ini berfungsi sebagai penguat.
  2. Signal naik turun, dapat terjadi karena VCO sudah lemah, fungsi referensi nya sudah terabaikan.
  3. Signal pada lokasi tertentu, gantilah IC PA nya, karena pasti memakai IC yang tidak orisinil, atau akibat penggantian antenanya.
  4. Signal 5 detik hilang, Keruskan umumnya dari IC PA. Bila kerusakan diakibatkan karena ponsel jatuh maka kerusakan umumnya pada IC CPU, namun bila bukan karena jatuh anda dapat melakukan flashing ulang kemudian masukkan data PM yang bagus maksudnya yang sudah di test.
  5. No signal, pada ponsel jatuh lebih banyak kerusakan pada IC Audio, fungsi konverternya tidak berhasil.
  6. Signal 112 only, merupakan signal hanya dari IC RF, anda bisa mengganti IC PA karena sudah tidak fungsi lagi.
  7. Signal drop, Signal drop, ini diakibatkan karena IC PA, walau IC PA sendiri masih berfungsi tapi pemakian arus yang sangat tinggi sekali, bisa mencapai 600 mA.
  8. Signal semu, , indikator tampak baik dan penuh, tapi tidak bisa melakukan panggilan, lebih banyak dikarenakan Antena, fungsi penghubung yang terputus.
  9. Signal sim tertentu, dikarena program atau SW bisa dilakukan clear SP Lock dan bisa juga akibat penggantian IC PA tidak presisi atau IC PA tidak ori.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe

 
 
 

Konten Unggulan

Friends

Popular Posts